Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Sebab itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya disebutkan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sesaat.
Bila 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karena itu PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia mengidamkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan lanjutan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat lihat tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi amat referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id di browser computer atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, dan verifikasi password
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Pada halaman penting bakal ditayangkan info tagihan listrik dan pembelian token.