Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Oleh karena itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Ketetapan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dikatakan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa dampak atas kelengahan konsumen setia:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, jadi PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dijalankan perombakan selesai, konsumen menghendaki kaitan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan kaitan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas laporan keluhkesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id di browser pc atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account dan password
Di halaman penting bakal diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.