Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Karenanya utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Peraturan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal itu, konsumen setia dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Apabila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen setia mendambakan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan tambahan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cara cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh-kesah konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada kawan-kawan kamu, jadi benar-benar referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, dan verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Di halaman pokok bakal ditayangkan info tagihan listrik dan pembelian token.