Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Sebab itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Aturan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal itu, konsumen bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas keteledoran konsumen:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen inginkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan tambahan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, media aduan rintihan konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap kawan-kawan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Di halaman inti dapat diperlihatkan data tagihan listrik serta pembelian token.