Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang memberi ancaman.
Karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen mendambakan tambahan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan lanjutan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, transaksi bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat laporan keluh-kesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi amat saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman penting bakal diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.