Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang memberikan ancaman.
Sebab itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping hal itu, konsumen setia bisa juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen mengidamkan tambahan listrik kemabali karenanya konsumen harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan ikatan anyar.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek bayar listrik, bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman inti dapat ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.