Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang mengintimidasi.
Karenanya utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya disebutkan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karena itu PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dijalankan perombakan kelar, konsumen setia mengidamkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan lanjutan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh-kesah konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada kawan-kawan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau mobile-phone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman pokok akan diperlihatkan info tagihan listrik dan pembelian token.