Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Sebab itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Ketetapan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, jadi PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen menghendaki lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan tambahan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas laporan keluhkesah konsumen setia dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Pada halaman inti bakal dipertunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.