Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.
Sebab itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Aturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping hal itu, konsumen setia bisa pula kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Apabila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dikerjakan perombakan kelar, konsumen mengharapkan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan lanjutan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id di browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Di halaman pokok akan diperlihatkan data tagihan listrik serta pembelian token.