Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Oleh karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Keputusan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Apabila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dijalankan perombakan tuntas, konsumen mengidamkan ikatan listrik kemabali jadi konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan tambahan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cara cek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, serta verifikasi password
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Pada halaman inti bakal diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.