Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya perihal itu, konsumen juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen setia:
Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan kelar, konsumen mengharapkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi permohonan lanjutan anyar.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh-kesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, dan verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman penting dapat dipertunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.