Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang meneror.
Sebab itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Keputusan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali perihal itu, konsumen dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia mengharapkan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan kaitan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat aduan rintihan konsumen setia dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau telpon seluler.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman khusus akan ditayangkan data tagihan listrik dan pembelian token.