Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Oleh karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Ketetapan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen serta PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen setia:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia inginkan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan lanjutan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat laporan keluh-kesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Di halaman inti akan ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.