Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Sebab itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal itu, konsumen setia juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dijalankan perombakan selesai, konsumen setia mendambakan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan kaitan anyar.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk lihat tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke rekan-rekan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, dan verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Di halaman penting dapat ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.