Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya apabila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Oleh karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali hal itu, konsumen juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen mendambakan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan tambahan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, media laporan keluh kesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser computer atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Pada halaman pokok akan diunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.