Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Karenanya keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semua tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Keputusan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia menghendaki lanjutan listrik kemabali jadi konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan tambahan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media laporan rintihan konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id pada browser computer atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account dan kata kunci
Pada halaman khusus akan diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.