Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Oleh karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya perihal itu, konsumen bisa juga mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas keteledoran konsumen:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, jadi PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila sesudah dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia inginkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan ikatan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser pc atau mobile-phone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman inti bakal ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.