Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Sebab itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Aturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen setia juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen setia inginkan ikatan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan kaitan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cara cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media laporan rintihan konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap kawan-kawan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman khusus akan diperlihatkan info tagihan listrik serta pembelian token.