Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Karenanya utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen setia bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dijalankan perombakan kelar, konsumen mengharapkan tambahan listrik kemabali jadi konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan kaitan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas laporan keluhkesah konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau ribet mendownload aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Pada halaman inti akan dipertunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.