Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Oleh karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Ketetapan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali perihal itu, konsumen dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas kesalahan konsumen setia:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dijalankan perombakan selesai, konsumen mengharapkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan ikatan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek histori penggunaan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu bakal ketahui berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Di halaman khusus dapat ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.