Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Ketetapan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping perihal itu, konsumen bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kesalahan konsumen:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen setia inginkan ikatan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan tambahan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas aduan rintihan konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Di halaman khusus dapat ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.