Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karenanya utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali perihal itu, konsumen dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dilaksanakan perombakan selesai, konsumen setia mendambakan tambahan listrik kemabali jadi konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan ikatan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cara cek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, media laporan keluhkesah konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau ribet mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Pada halaman pokok akan dipertunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.