Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karenanya keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali perihal itu, konsumen setia bisa juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Bila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen menghendaki ikatan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus menebus tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan ikatan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser computer atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Pada halaman penting akan diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.