Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen setia bisa pula kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen setia:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sesaat.
Bila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila seusai dilaksanakan perombakan kelar, konsumen setia menghendaki ikatan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan sebagai keinginan kaitan baru.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cek tagihan listrik pasca bayar, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, media aduan keluh kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke kawan-kawan kamu, jadi amat saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman khusus dapat dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.