Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Karena itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dikerjakan perombakan kelar, konsumen setia mendambakan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan selaku permohonan lanjutan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cara cek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, fasilitas laporan keluh-kesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke rekan-rekan kamu, jadi sangatlah referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi password
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman khusus akan diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.