Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Karena itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen setia mengidamkan ikatan listrik kemabali jadi konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan sebagai permohonan tambahan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, tempat aduan keluh-kesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id di browser computer atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Pada halaman inti bakal ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.