Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang meneror.
Karenanya keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Ketetapan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal itu, konsumen dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dikerjakan perombakan tuntas, konsumen mengharapkan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan lanjutan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan keluh kesah konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, password, dan verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman khusus dapat diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.