Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya apabila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Karena itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali hal itu, konsumen bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dijalankan perombakan kelar, konsumen mengidamkan ikatan listrik kemabali jadi konsumen harus tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan tambahan anyar.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, tempat aduan keluh kesah konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu jadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, dan verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman pokok dapat ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.