Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Karenanya utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia dapat juga mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Bila 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dikerjakan perombakan selesai, konsumen mengharapkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan tambahan baru.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek kisah penggunaan listrik, media laporan keluhkesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, password, dan verifikasi kata kunci
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Pada halaman khusus bakal diunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.