Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Karenanya keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semua tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Keputusan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal itu, konsumen juga dapat lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Bila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia mengharapkan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen setia tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan menjadi permohonan tambahan anyar.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh-kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, serta verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman inti dapat diunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.