Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Karenanya utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Ketetapan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya disebutkan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dikerjakan perombakan tuntas, konsumen mengidamkan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan selaku permohonan lanjutan anyar.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cara cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman khusus akan diperlihatkan info tagihan listrik dan pembelian token.