Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali perihal itu, konsumen setia juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dikerjakan perombakan kelar, konsumen inginkan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan lanjutan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, fasilitas laporan keluh-kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Pada halaman inti dapat ditayangkan data tagihan listrik serta pembelian token.