Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Karena itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen setia dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen setia inginkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan lanjutan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, fasilitas laporan keluh-kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke rekan-rekan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau handphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Pada halaman pokok bakal ditunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.