Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang memberikan ancaman.
Karenanya utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping perihal itu, konsumen juga dapat lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen:
Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Bila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karena itu PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dikerjakan perombakan usai, konsumen setia mendambakan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan lanjutan anyar.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat mengecek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah penggunaan listrik, media aduan keluh-kesah konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Pada halaman inti bakal ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.