Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Karenanya utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Peraturan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia dapat juga mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dikerjakan perombakan usai, konsumen menghendaki lanjutan listrik kemabali jadi konsumen setia harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan tambahan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cara cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek histori penggunaan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser computer atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, dan verifikasi password
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account dan kata kunci
Di halaman inti bakal diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.