Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Oleh karena itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau seusai dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia mengidamkan ikatan listrik kemabali jadi konsumen setia tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi permohonan tambahan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, fasilitas aduan rintihan konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau smartphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, password, serta verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Di halaman khusus bakal diperlihatkan data tagihan listrik serta pembelian token.