Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Ketetapan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping hal itu, konsumen setia dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karenanya PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dilaksanakan perombakan selesai, konsumen mengidamkan tambahan listrik kemabali jadi konsumen setia haruslah tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan tambahan baru.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cara cek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, tempat laporan keluhkesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Di halaman penting dapat diperlihatkan info tagihan listrik serta pembelian token.