Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Peraturan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dimaksud konsumen dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal itu, konsumen bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas keteledoran konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Apabila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau seusai dijalankan perombakan kelar, konsumen mendambakan kaitan listrik kemabali jadi konsumen harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan menjadi keinginan lanjutan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cara cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek kisah penggunaan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke rekan-rekan kamu, jadi sangatlah referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak mau ribet mendownload aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser computer atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, dan verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman pokok akan diperlihatkan info tagihan listrik dan pembelian token.