Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.
Karenanya keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Peraturan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal itu, konsumen bisa juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas kelengahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dikerjakan perombakan selesai, konsumen setia mendambakan ikatan listrik kemabali jadi konsumen setia tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan ikatan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, media aduan rintihan konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id pada browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Pada halaman penting akan diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.