Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberikan ancaman.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan tuntas, konsumen inginkan ikatan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan kaitan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, password, serta verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Pada halaman khusus akan ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.